Origins Of Firman "Sabotase"

Secara umum diasumsikan bahwa kata "sabotase" memiliki asal-usul dalam sabot kata Perancis, yang mengacu pada, bakiak berat besar yang terbuat dari satu bagian dari kayu dan dikenakan oleh pekerja. Namun, ada beberapa teori dari hubungan antara orang-orang bakiak dan kata mengacu pada penghancuran disengaja properti oleh musuh atau pekerja yang memprotes, dan bahkan teori bahwa kata tersebut berhubungan dengan jenis yang berbeda dari sepatu sama sekali.

Mungkin teori yang paling umum dari asal-usul istilah ini adalah bahwa contoh pertama sabotase yang Luddites Perancis yang melemparkan bakiak kayu mereka ke alat tenun bertenaga untuk menyumbat mesin selama Revolusi Industri. Namun, beberapa sejarawan meragukan asal seperti istilah. Dalam hal apapun, tampaknya tidak mungkin bahwa pekerja miskin akan dilempar sepatu mereka sendiri pergi dan bahwa mereka pasti bisa dicapai tujuan yang sama dengan lainnya, kurang berharga, potongan kayu yang akan lebih sulit untuk link ke pekerja bertanggung jawab.

Sebuah teori terkait asal-usul istilah berasal dari negara dan periode sejarah yang sama. "Sabot" adalah istilah yang merendahkan bagi masyarakat pedesaan yang terus memakai bakiak kayu setelah penduduk kota mulai memakai sepatu kulit. Pengusaha akan mengimpor mereka "sabots" ke kota untuk menggantikan pekerja yang mogok. Para pekerja pedesaan, menjadi terbiasa dengan peralatan pabrik modern, bekerja perlahan-lahan dan buruk. Para pekerja mencolok ditemukan setelah kembali ke pabrik bahwa mereka bisa menang tuntutan mereka dengan bekerja seperti "sabots" daripada mencolok.

Teori lain adalah bahwa penyabot asli adalah petani yang diinjak-injak tanaman dengan bakiak kayu mereka untuk memaksa pemilik tanah untuk memenuhi tuntutan mereka.

Namun teori lain adalah bahwa istilah berasal selama pemogokan kereta api Perancis 1912 (Beberapa catatan mengatakan bahwa pemogokan terjadi pada tahun 1910.) dan sama sekali tidak ada hubungannya dengan sepatu kayu yang sebelumnya dikenakan oleh petani. Kata "sabot" juga digunakan untuk menggambarkan sepatu kayu yang digunakan untuk menjaga rel dari jalur kereta api di tempat. Striker melonggarkan atau menghancurkan sabots, membuat lalu lintas kereta api sulit atau tidak mungkin.

Meskipun teori pemogokan kereta api mungkin tidak asal usul istilah, ada kemungkinan bahwa acara tersebut mengakibatkan pengenalan kata "sabotase" ke dalam bahasa Inggris. Asumsi ini didasarkan pada pengenalan kata "sabotase" ke dalam bahasa Inggris pada awal abad kedua puluh. Sementara kita mungkin tidak pernah tahu pasti asal kata, ada sedikit keraguan bahwa asal berhubungan dengan sepatu kayu - apakah dikenakan oleh manusia atau digunakan pada kereta api.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pelajari Cara Membuat Lilin Mewah Sangat Sendiri

Rekondisi Baterai Old - Sebuah Panduan Singkat